Kesehatan

3 Buah Familiar Ini Ternyata Mengandung Tinggi Serat

Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet sehat mengonsumsi makanan yang kaya serat dipercaya mampu menjaga berat badan ideal. Hal ini karena makanan berserat akan membuat perut merasa kenyang dengan cepat dan lebih lama, serta menghindarkan dari gangguan BAB.

Serat merupakan nutrisi yang sangat banyak manfaatnya  seperti untuk membantu menjaga kinerja sistem pencernaan berjalan dengan baik, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ternyata serat banyak terkandung dalam sayur dan buah bahkan yang ada disekitar kita. Berikut 3 buah yang sangat familiar ditelinga kita, yang ternyata mengandung banyak serat

  1. Pisang

Buah berwarna kuning ini tentu sangat familiar ditelinga kita. Biasa ditemui dipasar atau bahkan kita menanam sendiri di pekarangan rumah. Pisang diperkaya dengan kalium, mineral penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk serat, Pisang mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram.

  1. Pepaya

Pepaya dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme dan dapat menghindarkan dari gangguan sembelit. Enzim pepaya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat menghilangkan terbentuknya bahan yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Pepaya mengandung serat dengan kadar 1,3 gram per 100 gram bahan.

  1. Apel

Buah dengan rasa masam manis ini mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk pektin yang bermanfaat mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Satu buah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat.

Waw, ternyata sangat familiar ya buah-buahan diatas yang juga mengandung berbagai zat bergizi, serat salah satunya. Yuk budayakan hidup sehat dengan makan buah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *