Kesehatan

Beberapa Hal Dan Bahan Alami Yang Harus Dihindari Jika Ingin Bebas Jerawat

Masalah jerawat yang dialami oleh seseorang terkadang akan membuat seseorang tersebut bingung didalam mencari cara untuk mengatasinya. Sebenarnya untuk menghilangkan jerawat ini ada banyak bahan alami yang bisa digunakan. Meski begitu ada juga beberapa bahan alami yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan jerawat semakin memburuk. Jika kamu ingin terhindar dari jerawat maka setidaknya ada beberapa hal dan bahan alami yang harus dihindari diantaranya yaitu :

  1. Menyentuh Jerawat Dengan Menggunakan Jari

Jika kamu menyentuh jerawat dengan jari maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit yang lebih parah. Hal tersebut dikarenakan tangan mengandung banyak bakteri dan berpotensi dapat mentransfer bakteri ke area jerawat lebih banyak lagi. Pada saat kamu memecahkan jerawat maka kemungkinannya akan terjadinya trauma yang dapat mengakibatkan kulit luka.

  1. Essential Oil

Essential oil dikenal banyak orang memilki kemampuan untuk menyembuhkan tetapi menggunakannya untuk menghilangkan jerawat bukanlah pilihan tepat. Pasalnya jika menggunakan minyak malah justru akan menyebabkan tersumbatnya pori pori dan bahkan akan memperburuk kondisi jerawat. Menggunakan Essential oil juga dapat berpotensi menyebabkan reaksi alergi.

  1. Pasta Gigi

Banyaknya orang yang beranggapan dengan mengoleskan pasta gigi kearea wajah maka dapat membuat jerawat tersebut hilang dalam semalam saja. Padahal adanya dermatology asal New York yaitu Susan Bard yang mengatakan jika penggunaan pasta gigi pada jerawat ini hanya akan menyebabkan semakin parahnya jerawat. Akan terjadinya reaksi iritasi atau allergic contact dermantitis.

  1. Produk Dari Instagram

Pada saat kamu mengakses instagram maka akan seringkalinya dilihat banyak iklan produk perawatan kulit, termasuk produk untuk menghilangkan jerawat. Karena banyaknya produk yang justru dapat membahayakan terhadap kesehatan kulit dan tidak dapat dipercaya. Adanya kasus seseorang yang menggunakan produk dari instagram mengalami reaksi iritasi. Untuk mengatasi masalah jerawat ini maka ada baiknya mengikuti saran dari para ahli dan jangan pernah mencoba coba produk yang tidak jelas manfaatnya.

  1. Soda Pengembang

Penggunaan soda pengembang untuk menghilangkan jerawat ini sama halnya dengan penggunaan pasta gigi, dimana kedua cara menghilangkan jerawat tersebut merupakan cara pengobatan yang klasik. Tetapi efek dari penggunaan soda pengembang ini dapat menyebabkan jerawat sangat kering dan berpotensi menyebabkan iritasi.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang seringkali digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, tetapi bahan ini tidak efektif jika digunakan untuk mengobati jerawat. Pasalnya penggunaan minyak kelapa ini malah akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pori pori jika kamu memiliki jenis kulit yang rentan terhadap jerawat.

  1. Produk Berbahan Alkohol

Kamu kemungkinannya akan tergoda untuk menggunakan produk yang mengandung alkohol tinggi untuk bisa menghilangkan jerawat. Padahal penggunaan produk yang mengandung alkohol ini hanya akan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat. Jika kamu menggunakan produk beralkohol ini dalam jangka waktu yang panjang maka akan menyebabkan terbakarnya kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya reaksi kimia. Kandungan alkohol ini pun berpotensi dapat menyebabkan terjadinya nekrosis atau kematian pada lapisan atas kulit.

Selain itu masih ada bahan alami lain yang harus dihindari didalam upaya untuk mengobati jerawat yaitu sari cuka apel. Karena jika menggunakan sari cuka apel maka dapat menyebabkan timbulnya kekeringan serius pada kulit, atau bahkan dapat menyebabkan kulit mengalami ruam dan terbakarnya kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *