Lain Lain

Berkah Bulan Suci Ramadhan Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Ramadhan adalah bulan di mana semua Muslim begitu menunggunya. Setiap komunitas Muslim akan senang dengan bulan itu. Karena, bulan ini membawa berkah yang begitu luar biasa. Banyak berkah dari Ramadhan, Anda dapat mencapainya dengan sangat mudah. Bukan hanya karena ibadahnya yang paling penting tapi juga puasanya. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan berkah Ramadhan dengan mempraktikkan beberapa hal sederhana. Salah satunya berdzikir atau berbagi baik dan kebaikan juga memberi sedekah kepada anak yatim atau kepada orang disekeliling anda yang dirasa kurang mampu atau kurang beruntung.

Hal ini mungkin saja terlihat sederhana dan mudah dilakukan, perlu anda ketahui jika pahala yang akan diterima bisa berkali-kali lipat dari bulan – bulan lainnya diluar bulan ramadhan. Jadi jangan heran jika kita disarankan untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan. Ya, tidak hanya disambut dengan hati yang penuh sukacita. Anda bisa mengiringi kebahagiaan ini dengan melafalkan doa agar amalan tersebut diterima. Selain menyambutnya dengan doa untuk mendapatkan berkah, untuk menyambut Ramadhan, ada berkah Ramadhan lain yang bisa Anda rasakan jika Anda menjalankan berbagi baik dan puasa pada bulan Ramadhan ini. Kami telah merangkum beberapa berkah Ramadhan yang dapat Anda rasakan. Ini dirangkum dari berbagai sumber, ini adalah berkah dari bulan  suci Ramadhan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan amalan yang disunnahkan.

  1. Perbanyak Do’a
    Orang yang menjalankan puasa dan saat berbuka adalah salah satu dari orang-orang yang doanya di mustajab. Oleh karena itu, perbanyak sholat saat puasa, terutama saat Anda berbuka puasa. Berdoalah untuk kebaikan bagi diri Anda, keluarga Anda, bangsa Anda dan sesama manusia di seluruh dunia ini. Karena doa adalah kekuatan yang tidak pernah terlihat namun memiliki kekuatan yang luar biasa.
  2. Menghatamkan Al-Qur’an
    Anda bisa mendapatkan berkah Ramadan dengan membaca Al-Quran. Ya, bulan Ramadhan adalah bulan Alquran. Bulan ini Quran diturunkan dari lauhul Mahfuzh ke langit dunia untuk pertama kalinya.
  3. Shalat Tarawih
    Apalagi berkah bulan Ramadhan adalah Anda hanya bisa menjalankan sholat Tarawih pada bulan ramadhan ini. Rasulullah SAW berkata: “Orang yang menghidupkan kembali malam Ramadhan, karena iman dan harapan akan pahala Allah akan diampuni karena dosa masa lalunya.”
  4. I’tikaf
    I’tikaf diam di masjid untuk menyembah Allah SWT. I’tikaf disunnahkan untuk pria dan wanita karena utusan Allah (Nabi Muhammad) selalu beri’tikaf dalam sepuluh malam terakhir, dan istri-istrinya juga melakukannya. Juga orang-orang yang i’tikaf hendaknya membaca zikir, istighfar, membaca Alquran, berdoa, shalat sunnah, dan sebagainya.
  5. Tingkatkan kebaikan
    Ramadhan adalah kesempatan emas bagi setiap Muslim untuk meningkatkan jumlah ganjarannya dari Allah. Dalam hadits yang diceritakan oleh Ibn Khuzaimah dan Baihaki, dikatakan bahwa amalan Sunnah di bulan Ramadhan bernilai amalan wajib dan amalan wajib ini bernilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan. Jadi, ambil setiap kesempatan untuk melakukan hal yang terbaik dibulan baik ini, bahkan jika Anda tersenyum pada orang lain. Ciptakan kreasi dan inovasi dengan melakukan yang baik agar amalan Anda yang baik terus tumbuh.
  6. Bersedekah
    Ibnu Abbas RA berkata: “Nabi (Muhammad SAW) adalah orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan al-Quran di hadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *