Jangan Sampai Salah, Inilah 4 Perbedaan Pada Baju Batik Solo dan Yogyakarta
Lain Lain

Jangan Sampai Salah, Inilah 4 Perbedaan Pada Baju Batik Solo dan Yogyakarta

Yogyakarta dan Solo memang seperti saudara dalam budaya. Keduanya memiliki beberapa kemiripan dalam beberapa hal. Tapi meskipun begitu, Yogyakarta dan Solo tetap mempunyai beberapa perbedaan. Salah satunya dalam hal motif pada baju batik, apa saja perbedaan Yogyakarta dan Solo dalam hal baju batik?

  1. Ukuran dan kesan dalam desain motif.
    Motif dalam baju batik dari Yogyakarta memiliki desain pola yang besar-besar dan tegas, hal ini memberi kesan gagah pada baju batik dari kota pelajar ini. Sementara di sisi lain, Solo dalam motif baju batiknya memiliki desain berupa pola yang cenderung kecil dan dinamis, sehingga motif batik kota Solo seolah memberi kesan anggun dan luwes.
  2. Warna dasar pada kain.
    Baju batik dari Yogyakarta umumnya memiliki warna dasar berupa warna hitam dan putih. Sementara Solo memiliki kain yang lebih gelap, yaitu kain dasar berwarna dasar cokelat atau cokelat kehitaman.
  3. Arah Motif Parang.
    Yogyakarta dan Solo sama-sama memiliki motif parang dalam baju batik mereka. Namun jika dilihat lebih detail, motif parang antara keduanya tidaklah sama. Pada batik parang dari Yogyakarta, pelukisan parang dimulai dari kanan atas ke kiri bawah, sedangkan parang dari Solo dilukis mulai dari kiri atas ke kanan bawah.
  4. Banyaknya Hiasan Emas atau Prada.
    Meski kini tak semua baju batik Yogyakarta dan Solo diberi hiasan emas, namun tetap saja beberapa kain masih dipertahankan untuk diberi hiasan emas atau prada. Perbedaan antara batik Yogyakarta dan Solo adalah pada penempatan prada itu sendiri. Yogyakarta melapisi seluruh bagian batik dengan hiasan emas sehingga muncul kesan mewah dan elegan, sementara batik Solo hanya melapisi dengan hiasan emas pada garis luarnya saja. Sehingga batik Solo terkesan lebih simple dan kalem.

Nah, itulah 4 perbedaan antara batik Yogyakarta dan Solo. “Serupa Tapi Tak Sama”, sepertinya itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kain batik dari dua kota penuh budaya dan sejarah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *