Mengenal Aneka Motif Batik Pria
Gaya Hidup

Mengenal Aneka Motif Batik Pria

Batik pria ataupun wanita memiliki motif yang sangat beragam dan berbeda satu sama lain. Tidak hanya itu, tiap motif juga memiliki filosofinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis motif batik yang bisa kita temukan di pasaran. Pertama ada Batik Tambal. Tambal sendiri memiliki makna memperbaiki hal-hal yang sudah rusak. Dalam perjalanan hidup manusia haruslah memperbaiki diri agar dapat menuju kehidupan yang lebih baik, secara lahir ataupun batin. Pada awalnya, kain motif batik tambal ini dipercaya dapat membantu kesembuhan orang sakit. Caranya cukup dengan menyelimuti orang tersebut dengan menggunakan kain batik motif tambal. Kepercayaan ini datang karena orang sakit dianggap memiliki sesuatu yang kurang sehingga perlu ditambal.

Motif batik pria selanjutnya adalah Batik Petani. Batik ini biasanya akan dibuat oleh ibu rumah tangga sebagai selingan kegiatan saat sedang tidak pergi ke sawah ataupun pada saat memiliki waktu senggang. Batik ini biasanya akan memiliki tekstur yang kasar dan kagok. Motifnya biasanya akan turun temurun dan sesuai dengan daerahnya masing-masing. Batik ini dikerjakan tidak secara profesional karena hanya sebagai selingan atau sambilan saja. Sementara pewarnaan akan diikutkan ke saudagar. Berikutnya ada lagi motif Batik Saudagaran. Batik ini termasuk dalam motif larangan serta berasal dari kalangan Kraton. Seniman yang berasal dari kaum saudagar biasanya akan menciptakan motif baru agar sesuai dengan selera masyarakat.

Desain dari Batik Saudaragan akan memiliki kesan yang berani, baik dalam pemilihan bentuk, stilisasi atau satwa serta benda-benda alam, ataupun kombinasi antara warna. Warnanya sendiri banyak didominasi oleh warna-warna soga serta biru tua. Batik Saudagaran akan memiliki kualitas tinggi dari proses pengerjaan dan juga tingkat kerumitan yang diperlukan dalam menyajikan ragam motif baru. Pencipta batik ini akan mengubah Batik Kraton dengan cara isen-isen rumit serta mengisinya dengan bintik agar tercipta batik yang indah. Demikian adalah beberapa motif batik pria yang banyak beredar sekarang ini. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko yang khusus menjual baju batik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *