Wisata

Pesona Keindahan dari Candi Gunung Asri – Wisata di Magelang

Salah satu tempat Wisata di Magelang yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah candi – candi yang ada di tempat Wisata di Magelang dan salah satunya adalah Candi Gunung Asri. Candi Gunungsari Magelang merupakan Candi Hindu Siwa yang ada di Dusun Gunungsari, Kecamatan Salam, Desa Gulon, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terdapat di puncak Bukit Sari atau Gunung Sari, tidak begitu jauh dari lokasi Candi Gunungwukir Magelang, lokasi candi tempat ditemukannya Prasasti Canggal. Belum ada informasi actual yang menjelaskan, namun bila dilihat dari bentuk, ornament, serta arsitektur, kemungkinan besar candi ini usianya lebih tua dari Candi Gunungwukir.

Wisata di Magelang yaitu Candi Gunung Sari sendiri merupakan candi yang sudah tidak berbentuk lagi, karena tidak memungkin direkrontuksi ulang karena banyak bagian – bagian yang hilang, namun begitu masih banyak relief – relief dan arca yang masih ada disini dan bisa Anda pelajari. Anda bisa menemukan relief disebuah batu yang menjadi bagian dari candi gunung sari, relief ini berbentuk dua orang dengan posisi menunduk dan berdiri, yang seakan – akan menggambarkan rakyat tunduk kepada rajanya.

Jika Anda menuju puncak bukitnya, Anda bisa melihat pemandangan pepohonan hijau yang rindang dan indah. Anda cukup berjalan kaki menaiki puncak bukit selama 20 menit saja melalui lahan yang sebagian besarnya telah menjadi hak miliki penduduk sekitar. Di sekeliling bukitnya terdapat hamparan sawah khas pedesaan, pemandangan alam yang sangat cantik dan khas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *