Teknologi Canggih Terbaru Milik Pemadam Kebakaran
Teknologi

Teknologi Canggih Terbaru Milik Pemadam Kebakaran

Saat ini ada dua hal yang sangat menarik perhatian saya: kebakaran & banjir. Karena itu, melalui pencarian dan kontak dari kawan saya di Eropa maka saya dapat melakukan analisa dan perbandingan untuk sebuah produk yang saya yakin dapat membantu kita di Indonesia untuk dapat menanggulangi permasalahan kebakaran serta banjir.

Penanganan kebakaran:

Semenjak tahun 2007 saya telah tertarik dan mendapat data serta penjelasan tentang sistem pemadam kebakaran terbaru dengan nama ONE SEVEN SYSTEM dari GIMAEX Schmitz. Sistem ini menggunakan foam tapi diciptakan bukan berdasarkan prinsip foam yang telah digunakan pada pemadam kebakaran selama ini. Seperti kita ketahui, air merupakan alat pemadaman yang terbaik untuk kebakaran. Sistem ini justru menambah kekuatan pemadaman dengan menggunakan air menjadi lebih efektif serta efisien. Dan lebih lagi, foam ini dapat digunakan untuk hampir segala jenis api dan juga untuk kebakaran listrik.

Saya bermaksud untuk memperkenalkan sistem ini untuk anda yang mempunyai pengalaman di bidang pemadam kebakaran dan juga yang lainnya. Mudah-mudahan pengetahuan saya dapat bermanfaat dan turut membantu dalam hal penanggulangan kebakaran. Saya mohon petunjuknya dari rekan-rekan sekalian.

Dasar Teknologi
Dasar Foam Teknologi dari ONE SEVEN ® adalah dimana air dirubah menjadi foam dengan menggunakan konsentrasi
foam dan tekanan udara sehingga dihasilkan buih-buih atau kulit gelembung foam. Jadi, isi dari 1 titik air dapat dirubah bentuk menjadi kulit dari 7 butir buih/gelembung. Perbandingan rasio air dengan udara dari 1 bagian air menjadi 7 bagian kecil udara, telah terbukti adalah cara yang paling efisien dan efektif untuk pemadaman api class A dan B.
Efek ini merubah 1 liter air dan 7 liter udara menjadi 8 liter media pemadaman. Untuk foam kering, yang biasanya digunakan untuk menghambat penjalaran api pada pemadaman untuk struktur bangunan dengan cara melilit/menggantung foam kering pada permukaan di dekat suatu media yang mudah terbakar dan mengeluarkan panas, akan mempunyai kekuatan pemadaman menjadi 21 kali lipat.

Kelebihan Sistem One Seven

Kelebihan ONE SEVEN® pada umumnya, apabila dibandingkan dengan air, adalah dimana permukaan aktif dari air diperbesar dan tegangan permukaan air dikurangi. Ini menciptakan pendinginan dari api, dan air dapat menembus api langsung ke material yang terbakar.
Dari suatu sumber air yang bertekanan biasa/normal, sampai 10% dari kuantitas air secara aktif punya kontribusi pemadaman api karena permukaan kecil yang berinteraksi dengan melalui penguapan untuk melepaskan panas. Tetapi dengan ONE SEVEN®, dengan foam bertekanan, 80% dari air dapat digunakan.

Interaksi yang terjadi dengan permukaan luas yang dihasilkan oleh struktur foam adalah sangat intensif. Proses penguapan dengan lengketnya lilitan kulit/selimut foam pada material yang terbakar melepaskan air lapis demi lapis akan menghasilkan suatu efek yang lama bertahan pada suatu waktu tertentu dimana panas dapat diserap oleh air.
Lebih lanjut, selimut foam akan menutupi kemungkinan gas-gas dari bahan bakar untuk dapat kontak dengan oksigen.
Berbekal fakta dimana suatu sistim konvensional dari foam tidak serta merta dapat menghasilkan suatu foam  yang berkualitas stabil.

ONE SEVEN® telah didesain sejak awal untuk dapat menggunakan foam semudah mungkin seperti mudahnya menggunakan air. Maka sistim1 tombol pengoperasian telah ditemukan untuk dapat mengeluarkan baik foam basah maupun foam kering dengan rasio yang tepat, dan tidak tergantung pada besaran diameter nozzle. Hal ini telah dapat diatasi dengan terciptanya desain yang konsisten dengan ONE SEVEN® yang mengkontrol aliran/flow dari air daripada
mengkontrol tekanan kerja/pressure.
Setting aliran air dari ONE SEVEN® adalah setelan dari pabrik. Jadi, pengguna tidak usah mengganti atau mendapatkan pelatihan khusus untuk dapat merubah rasio Air dan Udara yang dikehendaki.

Dengan pengalaman bahwa cepatnya kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh air yang terpolusi oleh bahan dan material yang terbakar, maka pemerintah Jerman selalu memeriksa dan mengawasi peredaran dan penggunaan ONE SEVEN® dengan cermat agar dapat lolos dari aturan kontrol polusi di Jerman.
Foam yang dihasilkan tidak beracun, dan yang terbaik dalam hal kelarutan dalam tanah, yang dalam beberapa minggu akan terlarut seluruhnya tanpa mengganggu orang atau tanah atau lingkungan.

Rasio pencampuran foam (Foam rate) yang diperlukan untuk api kelas A (Class A fire) hanya 0.3% sedang untuk api kelas B (Class B fire) adalah 0.5%. Hal ini tentunya aman bagi lingkungan yang bebas dari kontaminasi daripada penggunaan cairan kimia yang lain.

 

sumber: http://chaguchajin.com/teknologi-terbaru-pemadam-kebakaran/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *