Gaya Hidup

Tips Memilih Alat Kontrasepsi untuk Wanita

Ada beberapa alasan wanita ingin menggunakan alat kontrasepsi, salah satunya untuk menunda kehamilan atau menjarangkan kehamilan. Berikut beberapa tips untuk memilih alat kontrasepsi paling aman yang tepat untuk wanita.

  1. Kondisi suami

Hal yang pertama saat seorang istri memutuskan ingin menggunakan alat kontrasepsi dengan alasan untuk menjarangkan kehamilan adalah lihatlah kondisi atau keadaan suami. Jika kondisi atau keadaan suami sering bepergian jauh dan jarang pulang maka penggunaan kondom atau pil bisa menjadi solusi yang tepat. Penggunaan kontrasepsi pil sangat tidak cocok untuk orang yang pelupa. Apalagi jika digunakan dalam rentan waktu yang lama. Karena akan mengakibatkan kehamilan.

  1. Kondisi Istri

Poin nomor dua sebagai bahan pertimbangan untuk memilih alat kontrasepsi adalah kondisi istri. Pastikan istri atau ibu yang akan menggunakan alat kontrasepsibtidak sedang hamil. Waktu yang tepat untuk menggunakan kontrasepsi adalah saat periode menstruasi. Contoh saja saat pemasangan alat kontrasepsi IUD, biasanya dilakukan saat menstruasi. Selain kondisi ibu tidak sedang hamil karena sedang dalam periode kehamilan, kondisi rahim yang baik untuk pemasangan IUD.

  1. Periksalah kondisi ibu sebelum pemilihan

Alangkah baiknya ibu memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu kepada dokter kandungan atau bidan. Karena beberapa wanita tidak cocok dengan alat kontrasepsi tertentu. Seperti alat kontrasepsi pil, beberapa wanita mengalami peningkatan atau penurunan hormon sehingga periode menstruasi yang tidak lancar.

  1. Alat kontrasepsi pil tidak cocok untuk orang pelupa

Bagi orang yang pelupa sepertinya pil KB kurang pas. Karena pil kb yang harus di minum setiap hari dan tidak boleh terlewatkan. Jika si pengguna lupa untuk minum pil kb, maka kemungkinan untuk hamil lebih tinggi.

Itulah beberapa tips untuk memilih alat kontrasepsi untuk wanita. Ketahuilah bahwa tidak ada alat kontrasepsi yang 100 persen mencegah kehamilan. Meskipun alat kobtrasepsi paling efektif seperti IUD yang hanya memiliki tingkat efektifitas 99 persen.

Maka dari itu alangkah baiknya sebelum anda memilih alat kontrasepsi untuk konsultasi terlebih dahulu dengan bidan dan bicarakan kepada suami anda. Hal ini agar program keluarga berencana anda bisa berjalan dengan baik dan sukses. Demikian infornasi yang dapat kami bagikan bermanfaat dan terima kasih. Dapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan kesehatan lainnya seperti perawatan rambut, perawatan tubuh, dan perawatan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *