Teknologi

Tips Untuk Cek Router Saat Wifi Bermasalah

Sering terjadi gangguan wifi di rumah anda?? Mungkin anda berpikir karena anda berlanggan wifi murah sehingga sering terjadi gangguan. Salah besar. Tidak semua provider yang menyediakan paket internet murah itu selalu mengalami gangguan. GIG sebagai salah satu provider penyedia internet dan tv kabl mempunyai harga yang sangat murah dibandingkan dengan provider lainnya. GIG tidak menurunkan kualitas dari pelayannanya. Bahakan GIG sudah menggunakan kabel fiber optic dimana itu adalah kabel jaringan dengan teknologi terbaru yang bisa mengirim data dengan kecepatan cahaya dan jauh dari gangguan. Sehingga sinyal wifi rumah anda akan selalu stabil dan jauh dari kata lemot.

Untuk gangguan pada internet tidak bisa menyalahkan providernya saja. Setiap provider pasti sudah meminimalisir gangguan – gangguan yang ada. Tetapi bisa saja gangguan itui terjadi karena perangkat dirumah anda yang rusak. Bagi anda yang langganan internet rumah anda harus bisa cek router anda saat gangguan itu terjadi. Berikut yang harus di lakukan :

  1. Restart Router

Saat internet rumah anda bermasalah anda bisa langsung periksa routernya. Apabila lampu indicator tidak ada yang bermasalah anda bisa coba untuk matikan router anda. Diamkan beberapa menit.

2. Cek Suhu Router

Router yang overheat akan membuat tidak stabil jaringan. Lebih baik dimatikan terlebih dahulu dan diamkan untuk beberapa saat hingga dingin.

3. Cek Kabel

Ini bisa terjadi karena keteledoran anda. Kalau anda menaruh kabel yang terhubung dengan router dibawah bisa saja itu tertarik sehingga kabel lepas. Pasangkan kembali ke router denan benar.

4. Ganti Posisi Router

Pindahkan posisi ke tempat yang tidak terhalangi oleh barang – barang berbahan metal seperti microwave. Pastikan juga antena router itu pada posisi yang benar sehingga area sinyal yang dijangkau lebih luas.

5. Reset Router

Lakukan lah factory reset. Ini adalah mengembalikan router ke pengaturan awal sehingga anda nanti harus melakukan konfigurasi ulang dan memasukan password baru.

Kalau itu semua sudah diperiksa dan tidak bisa anda bisa segera menghubungi costumer service provider sehingga mereka segera mengirim teknisi untuk memperbaiki internet rumah anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *