Review

Yamaha FreeGo ABS Generasi Motor Kekinian

Pada hari pertama gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan sepeda motor matic terbarunya yang diberi nama Yamaha FreeGo. Kehadiran Yamaha FreeGo ini melengkapi jajaran motor matic Yamaha dengan mesin 125 cc, seperti Yamaha X-Ride, Soul GT, Mio series dan fino series. Sebagai sepeda motor matic pendatang baru, Yamaha FreeGO terbilang matic modern yang telah dibekali sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Yamaha menampik penilaian orang terhadap sistem pengereman ABS yang hanya digunakan pada motor dengan cc besar. Yamaha membekali fitur pengereman ABS pada FreeGo bukan tanpa alasan, sebelumnya pihak Yamaha telah melalukan riset ke sejumlah customer. Antonius Widiantoro, selaku Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan “Fitur pengereman ABS itu tidak hanya berfungsi pada saat ngebut saja, pada saat melakukan pengereman di situlah kegunaan dari fitur ABS tersebut. Dengan kehadiran Yamaha FreeGo ABS tidak hanya identik dengan motor berkecepatan tinggi, tetapi dilihat secara fungsi pada saat melakukan pengereman dimana ABS itu akan bekerja.”

Yamaha FreeGO dibekali mesin 124,96 cc dengan tipe SOHC satu silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,0 kW / 8000 rpm dan torsi maksimal sebesar 9,5 Nm / 5500 rpm. Yamaha juga membekali teknologi terkini pada mesin ini, yaitu Smart Motor Generator (SMG) yang akan membuat mesin Blue Core dari FreeGo lebih irit dan sistem stater jadi lebih halus, Forged Piston and DiASil Cylinder yang telah teruji (3x lebih awet, 3x lebih kuat dan 3x lebih ringan), Stop and Start System (SSS) membuat bahan bakar lebih efisien karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Beragam fitur telah disematkan ke Yamaha FreeGO 125 cc ini, seperti Smart Key System (SKS), Full Digital Speedometer, Anti Lock Braking System (ABS). Tak hanya itu saja, Yamaha FreeGO ABS memiliki bagasi yang sangat lapang dengan kapasitas 25 liter, Smart Front Refuel, Velg 12 inch yang dibungkus dengan ban tubeless tapak lebar, Long Seat and Spacious Flat Footboard yang menjadikan pengemudi mendapat ruang lapang di bagian pijakan kaki saat berkendara, LED Headlight and Hazard Lamp, Electric Power Socket.

Yamaha FreeGo ABS hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp. 18.500.000 tipe standar, Rp. 19.700.000 untuk FreeGO tipe S dan Rp. 22.500.000 untuk FreeGO tipe S ABS (semua harga tersebut merupakan OTR Jakarta). Sedangkan untuk warna, FreeGO memiliki pilihan warna menarik, seperti Matte Balck, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGO tipe standar. Untuk FreeGO tipe S dan S ABS tersedia dalam dua warna pilihan, yaitu Matte Red dan Matte Grey. Mesin Yamaha Freego ABS dibekali Blue Core 125 air cooled generasi baru ini memiliki getaran yang sedikit lebih halus ketimbang mesin Blue core 125 cc air cooled sebelumnya. Hadirnya Smart Motor Generator (SMG) turut tingkatkan peningkatan terhadap performa mesin karena hilangnya gear starter dan terhitung dinamo starter. Cukup disesali bahwa gejala getar waktu mesin di posisi idle/stasioner tetap terasa, jadi kembali getaran di transfer prima ke anggota stang. Hanya saja getaran tersebut hilang waktu motor digas dan juga tanda-tanda ‘gredek’ pada CVT menyusut banyak dibanding matik keluaran sebelumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *