Edukasi

Ayam Kampung vs Ayam Broiler, Mana Yang Lebih Sehat?

Sebagian besar pembaca mungkin sudah mengetahui 2 jenis ayam yang marak beredar di pasaran. Ayam kampung dan ayam broiler atau biasa disebut ayam negeri merupakan dua jenis ayam yang dominan kita jumpai di pasar tradisional. Cara membedakan keduanya pun tidak begitu sulit, daging ayam broiler cenderung lebih besar dan tebal dibanding ayam kampung. Harganya pun berbeda, harga ayam broiler dipatok lebih murah dibanding ayam kampung. Harganya yang lebih ramah di kantong dan kuantitas dagingnya yang lebih besar membuat ayam broiler lebih diminati masyarakat. Banyak yang beranggapan daging ayam kampung lebih sehat daripada ayam broiler, lantas benarkah? Berikut ulasannya ditinjau dari beberapa aspek.

Dari cara pemeliharaan, ayam broiler lebih rumit karena harus menyiapkan kandang serta pakan yang lebih banyak. Sementara ayam kampung cukup dilepaskan di halaman maka ayam tersebut akan mencari makan sendiri. Sesekali tentu anda harus memberinya pakan juga yang berasal dari bahan organik dengan cara disebarkan di halaman anda. Sebenarnya ayam kampung memiliki FCR (Food Convertion Ratio) tinggi yang berarti membutuhkan makanan lebih banyak karena mereka banyak berjalan. Namun karena sebagian dari kebutuhan makanan mereka dapatkan sendiri dari alam maka pakan yang harus kita sediakan menjadi lebih sedikit. Selain itu ayam kampung dianggap lebih sehat karena makanan mereka berasal dari organik sedangkan pakan ayam broiler memiliki campuran kimiawi di dalamnya.

Dari aspek daging, ayam kampung cenderung terasa lebih alot dan berwarna lebih gelap namun memiliki rasa yang lebih gurih. Hal ini disebabkan oleh kandungan hemoglobin dari sel darah merah sehingga kandungan zat besinya tinggi. Pada ayam broiler dagingnya lebih tebal dan berwarna putih kemerahan. Dagingnya lebih mudah untuk dimasak karena teksturnya empuk dan kenyal. Sedangkan menurut kandungan gizinya, ayam kampung lebih unggul. Terdapat sekitar 246 kkal energi, 9 gram lemak, dan 37,9 gram protein dalam setiap 100 gram daging ayam kampung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *