Teknologi

Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook Android dan Web Terbaru

Facebook sebagai media sosial dengan sebagian besar pengguna sering membuat inovasi yang berbeda. Fitur yang membuat heboh atau bahkan menjengkelkan adalah pemutaran otomatis atau pemutar video. Yaitu, jika fitur ini aktif dan pengguna membuka feed berita atau situs web dengan konten video, video akan dikeluarkan walaupun pengguna tidak menekan tombol ‘Putar’. Dikutip technicaltalk.net fitur ini tersedia di semua aplikasi Facebook, apakah itu Android, iOS atau versi web atau desktop. Fungsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungannya berkaitan dengan pengunggah atau orang yang mengunggah konten video. Karena diputar secara otomatis, ini meningkatkan jumlah penayangan video.

Kerugiannya adalah bagi pengguna dengan kuota terbatas itu sangat mengganggu ketika konten video membutuhkan atau menyerap kuota paling banyak. Meskipun video mungkin bukan video yang Anda sukai atau inginkan. Namun jangan khawatir, karena Facebook telah menawarkan solusi atau jadwal. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pemutaran video otomatis:

Nonaktifkan fungsi Video Autoplay di aplikasi Facebook Android:

  • Buka aplikasi Facebook di Android dan kemudian pilih menu pengaturan (tiga garis horizontal) di sudut kanan atas. Kemudian gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan Aplikasi” atau “Pengaturan Aplikasi”. Seperti gambar di bawah ini.
  • Kemudian pilih menu “Pengaturan Aplikasi”, telusuri dan pilih “Putar Otomatis”. Seperti foto di bawah ini.
  • Sekarang adalah langkah terakhir, maka beberapa opsi untuk mengaktifkan video AutoPlay ditampilkan dengan salah satu pengaturan berikut:
  • Data seluler dan koneksi Wi-Fi, yang artinya video diputar secara otomatis, terlepas dari apakah Anda menggunakan koneksi internet atau Wi-Fi.
  • Hanya koneksi Wi-Fi, yang berarti bahwa video hanya diputar ketika menggunakan Wi-Fi.
  • Tidak pernah memutar video secara otomatis. yang artinya putar otomatis tidak berfungsi dengan benar saat menggunakan akses internet atau wifi.
  • Anda hanya dapat memilih WiFi atau tidak pernah memutar video secara otomatis, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah memilih salah satu dari ini, Anda akan kembali ke layar beranda dan pengaturan akan secara otomatis disimpan sebelumnya.

Nonaktifkan fungsi Video Autoplay di web Facebook

  • Buka Facebook di platform web, lalu masuk seperti biasa dan klik ikon garis di sudut kanan atas untuk menampilkan panel pengaturan. Kemudian klik menu Pengaturan.
  • Kemudian gulir ke menu Video.
  • Di sisi kanan menu Video ada dua panel pengaturan, di panel Video AutoPlay default diatur ke Off. Siap, sekarang fitur pemutaran video di Facebook telah berhasil dinonaktifkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *