Gaya Hidup

Sebaiknya Pilih DP Besar atau Kecil Saat Beli Apartemen Murah?

Jika menurut Anda, kira – kira lebih baik memilih DP besar atau kecil untuk beli apartemen murah? Untuk mengetahui jawaban terbaiknya, mari simak selengkapnya di bawah ini. Namun sebelumnya penting sekali untuk Anda tahu bahwa permintaan akan hunian yang layak juga nyaman di perkotaan besar semakin tinggi, sehingga yang demikian tersebut membuat apartemen jadi semakin populer dan banyak dijadikan pilihan. Tidak hanya anak muda saja yang lebih suka dengan hal – hal yang berbau simpel dan praktis, tetapi tempat tinggal satu ini juga banyak dirilik oleh para keluarga.

Tapi di suatu keadaan tertentu dan dengan uang tabungan yang terbatas, kadang kalanya Anda dihadapkan pada dilema, yakni sebaiknya memilih untuk bayar DP yang besar atau kecil? Lalu apa sih perbedaan dalam hal untung dan rugi jika membeli apartemen dengan DP besar dan kecil? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Pemilihan DP Besar dan Kecil Saat Beli Apartemen Murah

DP besar buat cicilan jadi cepat lunas

Pertimbangan tentang DP ini pada dasarnya bukan hal yang mudah, mengingat keduanya memang punya keuntungan masing – masing. Tetapi buat Anda yang akan ajukan KPA, lebih baik luangkan waktu Anda untuk melihat kondisi keuanganmu secara menyeluruh. Dengan begitu Anda bisa pertimbangkan dengan baik besar DP yang paling tepat dan sesuai untuk ajukan KPA nanti. Namun demikian, jika Anda menyediakan DP lebih besar, maka hutang dari cicilanmu nanti akan lebih cepat lunasnya.

Keuntungan memilih DP besar adalah KPA lebih mudah dan cepat disetujui. Dengan harga apartemen murah yakni sekitar 300 jutaan, apalagi jika Anda membelinya lewat situs www.urbantown.id, Anda nanti diwajibkan untuk menyediakan DP minimal sekitar 40 – 50 juta. Nilai tersebut pastinya cukup besar sekali, tetapi masih sangat masuk di akal. Apabila ternyata Anda punya beberapa dana yang lebih besar lagi dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan bayar DP apartemen, maka hal ini pastinya akan sangat membantu Anda dalam proses pengajuan KPA. Tidak hanya memudahkan Anda dalam pelunasan sisa hutang, DP yang besar ternyata juga akan jadi bahan pertimbangan pihak bank dalam menyetujui pengajuan KPA Anda.

Menunggu memiliki DP besar akan menyulitkan Anda untuk segera punya apartemen

Tentunya dengan hanya menunggu sampai akhirnya Anda memiliki uang muka atau DP untuk KPA yang besar, maka akan lebih lama lagi waktu Anda untuk bisa memiliki apartemen. Otomatis keinginanmu agar cepat memiliki apartemen harus ditunda terlebih dulu. Sebab, Anda harus lebih bersabar lagi untuk mengumpulkan uang sebanyak – banyaknya sampai akhirnya mampu mengajukkan KPA dengan DP besar.

Tetapi demikian, dengan DP atau uang muka yang kecil maka akan semakin memudahkan Anda untuk segera memiliki apartemen baru. Tetapi demikian, pastinya proses pengajuan KPA akan jadi lebih lama lagi jika DP-nya kecil. Sebab, uang muka yang disiapkan kecil, maka prosesnya akan cukup lama sebab ada banyak tahapan pemeriksaan yang harus dilakukan pihak bank.

Selain hal tersebut, dengan DP kecil sudah pasti Anda butuh waktu yang lebih lama lagi untuk melunasi cicilan. Sebagai pinjaman, sejumlah hutang yang besar ini juga pasti akan dikenakan sejumlah bunga pinjaman, yang sudah pasti akan buat nilai hutang Anda jadi semaki bertambah. Pastinya yang demikian ini akan membuat Anda punya cicilan yang cukup besar sekali, kan?

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang pilih DP besar atau kecil saat beli apartemen murah. Tetapi yang pasti Anda juga perlu memperhatikan keuangan bulanan yang Anda dapatkan untuk mengajukan kredit apartemen ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *