Kesehatan

Vaksin HPV Setelah Menikah, Bagaimana Efektivitasnya?

Meskipun vaksin HPV penting, wanita dewasa dengan banyak pasangan seksual tidak harus menyelesaikan semua vaksin HPV. Efektivitas vaksin HPV dalam kelompok ini biasanya lebih rendah. Ini karena kemungkinan pajanan terhadap virus HPV muncul sebelum vaksinasi.

Namun, untuk beberapa wanita dewasa dengan pasangan seksual dan dengan faktor risiko untuk terkena infeksi HPV rendah, vaksin HPV dapat diberikan. Terutama jika kelompok ini dianggap berisiko terkena virus HPV di masa depan, misalnya karena mereka memiliki pasangan seksual baru.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin HPV efektif dan aman untuk wanita berusia di atas 25 tahun. Di Amerika Serikat, vaksin HPV diberikan hingga 45 tahun. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang yang berusia lebih dari 45 juga mendapat manfaat dari vaksinasi ini.

Data penelitian klinis tentang kemanjuran vaksin untuk pria dan wanita menunjukkan bahwa vaksin HPV paling efektif bila diberikan kepada orang yang tidak terinfeksi HPV. Tak satu pun dari vaksin HPV yang tersedia saat ini dapat mengobati atau mempercepat penyembuhan infeksi HPV yang sudah ada sebelumnya. Vaksin ini juga tidak dapat mengobati atau mencegah timbulnya penyakit karena infeksi HPV yang sudah ada sebelumnya.

Meskipun efektivitasnya memerlukan penyelidikan lebih lanjut, individu yang aktif secara seksual masih perlu divaksinasi sesuai dengan rekomendasi berdasarkan usia. Ini karena kemungkinan vaksin HPV mungkin masih menawarkan perlindungan terhadap jenis virus HPV lain yang tidak ada dalam vaksin sebelumnya.

Terlepas dari efektivitas vaksin HPV, keputusan untuk memvaksinasi orang dewasa berusia 27 tahun ke atas harus dibuat secara individual. Konsultasikan dengan dokter Anda segera untuk mengetahui apa kesehatan Anda dan apakah Anda memerlukan vaksinasi HPV atau tidak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *